Bagaimana kesempatan Startup e-commerce baru di Indonesia?

Terkagum dengan jawaban-jawaban atas pertanyaan TechInAsia giveaway “Bagaimana kesempatan startup e-commerce baru di Indonesia?”.
Jadi saya tulis ulang lagi disini, sebelum menghilang dan susah di cari …

Ginanjar Widya

Cara menghadapi kompetisi yang sengit adalah dengan tetap bermain pada perubahan pemodelan bisnis dan selalu melakukan serve market secara cepat supaya kita bisa terus incrementasi model bisnis dan jika cocok maka bisnis tersebut akan dapat dikatakan sustainable dan mampu bersaing. Bisnis e-commerce sekarang sudah kearah yang bagaimana membuat value baru untuk usernya sehingga dengan itu user akan memberikan aware lebih ke e-commerce bersangkutan. Jika dilihat kesempatan startup e-commerce itu sekarang bagaimana startup baru melawan unicorn dengan tampil beda dan unik untuk menggaet calon user dan mendisrupt sesuatu pastinya.

Aurora Wibrianné

Kesempatan startup e-commerce baru di Indonesia selalu bagus. Didukung jumlah konsumen yang besar dan berkembang, Indonesia adalah pasar yang sangat potensial. Semakin banyak jumlah startup maka semakin kompetitif. Ini hal yang positif dan menantang, artinya akan menuntut startup baru untuk merebut pasar dan menuntut startup lama untuk menaikkan target penjualan/penghasilan, juga memaksa keduanya menciptakan pasar baru.

Di satu sisi, jika saya adalah pendiri startup e-commerce baru. Dengan senang hati saya siap terjun dan bersaing. Yang penting saya tahu nilai produk yang saya jual cukup kuat memenuhi kebutuhan target pasar saya, dan saya bisa menciptakannya lebih baik daripada pesaing saya. Disamping itu, setiap produk punya pasarnya sendiri, maka diferensiasi adalah cara terbaik. Saya harus menciptakan sesuatu dengan fokus pada value yg lebih daripada pesaing, lebih inovatif dan worth the price.

Chelly Triwibowo

E commerce dengan bisnis model close loop dan komunitas tertentu akan punya user yang loyal dan sustainable bukan user di grey area yang loyal apabila ada program discount saja. Buatlah e commerce dengan spesifik produk kategori dari market yang besar… edukasi ke user juga penting tentang brand awareness dari e commerce kita. jangan lupa tambahkan feature yang tidak dimiliki oleh e commerce yang sudah ada saat ini…

Widiaji

Serbuan e-commerce besar bisa menjadi leverage bagi start up e-commerce lokal. Market Indonesia telah teredukasi oleh e-commerce yang telah ada. Banyak orang Indonesia sudah terbiasa dengan promosi, penggunaan aplikasi belanja, dan cara belanja online yang selama ini dijalankan oleh e-commerce besar.

Adalah PR bagi start up e-commerce lokal untuk menjalankan strategi dan positioning yang tepat agar mendapatkan atensi market lokal secara signifikan dan mampu bersaing dengan e-commerce besar yang sudah lebih dahulu mapan sebelumnya.

E-commerce besar bukan melulu ancaman, tapi juga bisa memotivasi start up e-commerce lokal untuk memberikan layanan yang lebih baik dan tepat untuk market Indonesia serta memperlebar ruang kreasi dan pertumbuhan bagi entitas start up e-commerce Indonesia.

Christanto Dermawan

Startup e-commerce baru di Indonesia semakin hari semakin beragam dan selalu siap untuk menjangkau pasar dimanapun itu. Ini menandakan bahwa pasar yang selalu berubah sudut pandang dan semakin banyak diminati. Seiring dengan bertumbuhnya e-commerce yang baru ini tidak terlepas dari para e-commerce pendahulunya. Banyak juga yang terus melakukan terobosan baru dan ini sangat memberikan ide segar bagi perkembangan e-commerce kedepannya, dan semakin membuka pasar menjadi lebih luas lagi. Disini terlihat jelas bahwa para e-commerce baru selalu akan hadir dengan kreatifitasnya dan mengkritisi akan e-commerce yang sudah ada. Tentu tidak menutup kemungkinan bahwa para raksasa e-commerce mempunyai kekurangan dan kurang berinovasi, dari situasi inilah hadir e-commerce baru dengan tampilan yang membawa suasana baru dan lebih segar. Ini tentu tidak perlu disikapi dengan ketakutan akan para pendahulunya, tapi bisa menjadi bahan refleksi akan hadirnya e-commerce baru.

Sebenernya sangat wajr dan sangat pasti bahwa kompetisi industri akan semakin sengit, tentu ini harus disikapi bukan dengan ketakutan akan tetapi bisa menjadi semangat baru dalam berinovasi. Membuat konsep ide sekreatif mungkin dan memaksimalkan di bidang itu mungkin salah satu jawaban dari sengitnya persaingan. Bahwa yang spesial dalam bidang tertentu, tentu akan menitikberatkan kepada pasar untuk bisa mengandalkannya. Daripada berbuat banyak tetapi kurang adanya inovasi dan terobosan-terobosan baru.

Isumi Karina

Menurut saya, jika startup e-commerce baru ingin mengepakkan sayap bisnisnya di Indonesia adalah pilihan yang tepat. Tentunya salah satu faktor utama adalah pengguna internet di negara ini yang potensial. Masyarakat Indonesia sudah semakin aware dengankehadiran e-commerce karena kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan untuk bertransaksi pada zaman now ini. Apalagi semakin didukung positif juga oleh pemerintah (contohnya program Bekraf) dan startup fintech tanah air (khususnya dalam hal payment gateway dan solusi kredit instan untuk user). Jadi, kesempatannya terbuka lebar untuk berkompetisi di sektor ini.

Jika saya termasuk founder startup e-commerce baru (memang sedang mempersiapkan diri ke arah sana juga nantinya), maka saya sangat perlu mengikuti Alibaba Global Course ini. Dengan menghadiri event ini, saya akan mendapatkan insight strategi jitu dari para expert dan pelaku e-commerce yang lebih dulu berjuang menghadapi persaingan yang sengit untuk survive di industri ini. Selain itu, tentunya saya akan berjejaring dengan peserta yang hadir untuk berbagi pengalaman menarik, misalnya tips mempertahankan para developer untuk bekerja sama karena tentunya untuk survive di industri e-commerce ini tidak luput dari kompetisi juga dalam merekrut developer yang hebat dan loyal.

Categorised in:

This post was written by Sunaryo Hadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.