WordPress 3.0 release

Telat dua hari memang, WordPress 3.0 sudah di release tanggal 17 Juni 2010. WordPress yang mempunya code-name “Thelonius” ini dijanjikan mempunyai antarmuka yang lebih ‘ringan’ dibanding pendahulunya. Apa kelebihan lainnya?

Versi WordPress yang satu ini didedikasikan (seperti biasa menggunakan nama pemain Jazz) untuk Thelonius Monk, pianis jazz dan komponis Amerika.  Hal terbaru yang ada di versi yang satu ini

Default Theme

Ya, si Kubrick yang telah bercokol terlalu lama sebagai default theme installan WordPress, kali ini digantikan 2010.  Ini secara khusus dipilih karena tema ini memanfaatkan  sebagian besar fitur baru dalam 3,0 termasuk: menu kustom, latar belakang, dan header.

Unified Updates

Penyeragaman update ini sebenarnya fitur utama dari WordPress 3.0.  Sebelumnya sudah dirasakan kemudahan update dengan ‘one-click button’. kali ini WordPress 3.0, dibuat agar lebih memudahkan update, diantaranya dapat serentak mengupdate beberapa plugin. Update adalah hal terpenting agar komponen yang bekerja pada blog kita selalu mutakhir, tentu saja dengan effort sekecil mungkin.

Custom Menu

Hal yang memang sangat  baru buat WordPress. Ini akan memudahkan anda dalam mengatur menu. Sehinggak jika anda memiliki ‘topik panas’ yang ingin ditempatkan pada menu anda, hal ini akan dilakukan dengan mudah.

Kelebihan lain?

Tentu saja masih banyak hal perbaikan di WordPress 3.0 ini, terutama ‘jeroan’-nya seperti API, custom post-type dll. WordPress dalam mengeluarkan angka release termasuk pelit,  dan oleh karena itu maka baru muncul versi 3.0. Angka 3 di depan ini tentunya merupakan langkah besar telah dilakukan didalamnya dibanding versi sebelumnya. Yuk upgrade ah …

Leave a Reply