Situs Depkominfo di deface, blogger ikut dituduh!

Usai saya membaca berita Roy Suryo: Pelakunya ‘Mereka’! Tunggu Aksi Saya, saya agak tertegun dengan ancaman yang dilayangkan Roy Suryo bagi para blogger (yang dikatakan sebagai blogger yang selalu bertindak negatif). Bagaimana mungkin menyama-ratakan blogger dengan hacker?

Blogger yang dimaksud Roy Suryo tentunya adalah orang yang nge-blog. Blog sendiri adalah sebuah catatan harian yang bersifat pribadi, yang isinya bisa berupa catatan harian, komentar, kritik dan lain-lain, dari orang yang menulis blog tersebut. Adalah hal yang aneh bagi saya, jika Roy Suryo kemudian menuduh blogger melakukan deface situs Depkominfo. Menurut saya, mayoritas orang yang ngeblog, bukan pakar TI yang sanggup mendeface situs, apalagi situs sekelas Depkominfo (yang notabene banyak orang TI-nya). Tuduhan ini sangat membabi-buta, dan bahkan akhirnya saya jadi benar-benar tidak mengerti apa maksud “blogger yang bertindak negatif” seperti yang dikatakan Roy Suryo tersebut.

Di sisi lain, mungkin Roy Suryo lebih tepat menuduh kelompok Hacker saja. Kalau kebetulan hacker tersebut mempunyai blog, bukan berarti menuduh kelompok blogger. Menurut wiki lagi, hacker disini artinya seseorang (karena biasanya pelaku hacker adalah perseorangan, bukan jamaah) yang berhasil menembus sebuah sistem komputer dan sistem keamanan jaringan.

Jadi carilah pelaku kriminalnya. Ada hikmah tersendiri bagi yang di hack (note: server server saya pernah dihack berkali-kali) untuk selalu mengawasi dan menjaga sistemnya. Ancamannya bukan cuma orang lokal kok, karena server kita ini terbuka ke seluruh dunia.

Doh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>