Sunaryo Hadi

Setup WP Multisite di Google Cloud

Setelah membahas Setup Hosting di Google Cloud, ada cara lain menyimpan di cloud, jika anda mempunyai beberapa situs WordPress, yaitu menggunakan WordPress Multisite. Tidak ada control panel, semua kendali dilakukan dari situs utama.

Install WP Multisite

Pertama kita masuk ke https://cloud.google.com/launcher/explore?q=wordpress. Kemudian pilih “Bitnami WordPress Multisite”. Dan muncul popup sebagai berikut.

Dengan instance terendah dan disk space 10GB ~ $4.49 per bulan. Jika anda ganti jadi diskspace 20GB, masih dibawah $5 per bulan. Create project — > Instant. Tunggu beberapa menit sampai VM di setup oleh Google Cloud.

 

Setelah selesai, situsnya bisa langsung diakses dari ip yang diberikan.  User admin sudah dibuatkan dengan username: user dan password yang digenerate secara acak.

Ada satu hal yang jadi masalah, login dengan http://ip-address, akan bermasalah dengan Chrome. Jadi gunakan Firefox misalnya, untuk mencoba akses ke http://ip-address/wp-admin.

Setelah login, masuk ke ‘Network User’ dan buat user baru, yang sesuai dengan keinginan kita serta set sebagai ‘Grant this user super admin privileges for the Network’.

Membuat Domain Utama

Karena hasil setup kita tadi baru bisa diakses via IP, maka saatnya kita mengganti domain utama (primary). Caranya masuk dengan menggunakan SSH dengan user root. Cara menggunakan SSH ini silahkan cek di artikel sebelumnya.

Setelah masuk SSH console

$ cd /opt/bitnami/apps/wordpress
$ sudo./bnconfig --machine_hostname domain-kita.com

Karena installer kita menggunakan bitnami, maka akan muncul bitnami banner di bawah saat kita login. Untuk menghillangkan banner ini gunakan

$ sudo ./bnconfig --disable_banner 1

Karena bnconfig tool selalu dieksekusi saat reboot, ada baiknya dimatikan setelah perintah di atas

$ sudo mv bnconfig bnconfig.disabled

Kemudian buatlah pointing domain kita diatas ke IP yang diberikan. Setelah semua aktif, sekarang kita bisa mengakses http://domain-kita.com (dan akses dari Chrome pun sudah bisa dilakukan).

WP Multisite kita sudah dilengkapi oleh plugin yang paling dibutuhkan seperti:

Selanjutnya?

WP Multisite sudah selesai diinstall. Untuk petunjuk lainnya bisa dilihat di https://wiki.bitnami.com/Applications/Bitnami_Wordpress_Multisite.

Selamat mencoba.