SEO? Kenapa saya tidak menawarkan jasa ini?

Dari beberapa email yang masuk, mereka menginginkan agar saya membantu dalam hal Search Engine Optimisastion atau dikenal SEO. Saya selalu menolak pekerjaan ini karena beberapa alasan. Tetapi alasan utamanya adalah algoritma dan kebijakan masing masing Search Engine selalu berubah dari waktu ke waktu. Dengan demikian deliverablesnya menjadi kabur atau rancu. Saya tidak ingin menawarkan black hat atau mungkin gray hat (yang nanggung antara white hat dan black hat), karena sewaktu-waktu dapat di ban dan tentunya sia-sialah usaha untuk memperbaiki SEO ini.

Jadi apa yang saya tawarkan

Saya hanya menawarkan pembuatan website dengan acuan-acuan seperti Google Quality Guidelines (Ini satu-satunya acuan terbaik saat ini). Situs dengan isi/content yang baik dan teratur adalah hal paling penting sebelum melakukan pekerjaan SEO. Konsultan SEO lain biasanya juga akan menilai terlebih dahulu apakah situs anda cukup baik sebelum mereka melakukan pekerjaan mereka.

Singkatnya, saya hanya membuat website yang “SEO Ready” dan bukan melakukan pekerjaan SEO itu sendiri. Untuk mengetahui situs anda SEO ready, silahkan refer ke Google Quality Guidelines

Ok, situs saya sudah mengikuti Quality Guidelines. Apakah anda bisa memperbaiki SEO saya?

Selain isi situs yang baik, anda membutuhkan link dari luar yang relevan dengan isi situs anda. Dan sayangnya … saya tidak menawarkan jasa ini. Semakin banyak link yang relevan dari luar, ini akan memperbaiki Search Engine Result Page atau SERP dari situs anda. Atau mungkin lebih tepatnya SERP pada halaman yang mendapatkan link dari luar. Ini pekerjaan yang cukup memakan waktu, dan tentunya butuh kesabaran yang luar biasa dalam melakukan ini.

Apakah anda melakukan teknik “Topi Gelap” pada situs-situs anda?

Sesuai dengan pekerjaan saya yang berkecimpung dalam dunia web, saya ingin mencoba semua teknik-teknik yang didapat dari hasil pencarian di dunia internet. Tapi tentunya tidak pada semua situs saya. Teknik illegal hanya dilakukan pada situs eksperimen milik saya sendiri dan tidak pernah digunakan pada situs klien saya. Jadi ada beberapa situs eksperimen saya yang di banned.

Mungkin nanti akan saya sambung lagi …

Leave a Reply