RegisterFly.com bubar?

Kemelut perpecahan pendiri Registerfly.com, salah satu registrar domain terbesar, membuat sekitar 75ribu domain gagal di perpanjang di bulan Januari. Nampaknya juga, ini mengancam 2 juta domain lainnya jika ICANN tidak segera turun tangan. ICANN memang harus menyelesaikan masalah ini, karena ICANN-lah yang memberikan akreditasi untuk registrar. Frank Fowlie banyak menulis tentang perlunya ICANN turun tangan menangani hal ini. Kalau tidak, kenapa harus ada akreditasi?

Semua perusahaan yang menjual domain di Indonesia merupakan reseller dari registrar besar seperti ini. Dari daftar ICANN accredited tidak satupun yang menunjukkan adanya perusahaan Indonesia di sana. Nah, mungkin anda terkena juga dampaknya, jika hosting atau penjual domain anda ternyata reseller dari registerfly.com.

Setelah bulan Maret ini juga, domain Indonesia menurut janjinya, akan mulai menagih biaya domain berakhiran id. Terus terang saya belum tahu bagaimana cara penagihan ini. Mungkin akan dikirim melalui email. Kelihatannya akan banyak domain yang tidak diperpanjang, mengingat masa setelah Agustus 2006 sampai Maret, yayasan Domain Indonesia masih belum menagih. Siap-siap mengincar domain web.id yang tidak diperpanjang? Kita tunggu kabar kelanjutannya.

6 thoughts on “RegisterFly.com bubar?

  1. Minneapolis web design firm specializing in web design and development, optimizing and hosting professional custom web sites for Minnesota and national businesses. Our St. Paul / Minneapolis designers and developers will help your business grow.

Leave a Reply