Sunaryo Hadi

Rahasia dibalik kecepatan webiklan.com saat ini

Situs iklan baris Webiklan.com dari sejak dimulai tahun 2004, sudah berganti-ganti platform dari waktu ke waktu. Gak cuma itu, bahkan webiklan ini sudah pernah 3 kali berganti server. Dan sekarang ini, kecepatan webiklan lumayan bisa diandalkan walaupun berjalan di platform WordPress. Apa rahasianya?

Di awal kemunculannya tahun 2004, situs ini masih menggunakan ASP (classic) dengan Access sebagai database. Kemudian berganti ke ColdFusion dengan database MSSQL, yang cukup handal dalam mengejar speed. Kemudian akhirnya porting ke platform WordPress (dengan PHP dan MySQL). Itu sebabnya di google search engine kadang masih terlihat masih ada ekstensi .cfm, dan lain lain. 

Apa rahasia kecepatan webiklan.com saat ini?

Walaupun berjalan di platform WordPress, kecepatan webiklan sudah cukup memuaskan. Jika di banding dengan misalnya bikin script sendiri langsung dengan PHP, tentunya kita bisa tweak sampai titik kecepatan terbaiknya.

Ini dia daftar list dibalik kecepatan yang dimiliki Webiklan.com saat ini :

Mudah-mudahan artikel ini berguna.

NB: Jika pengen tanya-tanya soal teknis server, coba mampir ke situs Iqbal Nurhadi dari Semanggi.Net. Bisa sekalian tanya-tanya tentang VPS dan Cloud, atau sesuatu yang berhubungan dengan linux.