Rahasia dibalik kecepatan webiklan.com saat ini

Situs iklan baris Webiklan.com dari sejak dimulai tahun 2004, sudah berganti-ganti platform dari waktu ke waktu. Gak cuma itu, bahkan webiklan ini sudah pernah 3 kali berganti server. Dan sekarang ini, kecepatan webiklan lumayan bisa diandalkan walaupun berjalan di platform WordPress. Apa rahasianya?

Di awal kemunculannya tahun 2004, situs ini masih menggunakan ASP (classic) dengan Access sebagai database. Kemudian berganti ke ColdFusion dengan database MSSQL, yang cukup handal dalam mengejar speed. Kemudian akhirnya porting ke platform WordPress (dengan PHP dan MySQL). Itu sebabnya di google search engine kadang masih terlihat masih ada ekstensi .cfm, dan lain lain. :-)

Apa rahasia kecepatan webiklan.com saat ini?

Walaupun berjalan di platform WordPress, kecepatan webiklan sudah cukup memuaskan. Jika di banding dengan misalnya bikin script sendiri langsung dengan PHP, tentunya kita bisa tweak sampai titik kecepatan terbaiknya.

Ini dia daftar list dibalik kecepatan yang dimiliki Webiklan.com saat ini :

  • Server
    Saat ini webiklan.com berjalan menggunakan VPS dibawah Windows 2008, dengan 4 Virtual porcessor dan 8 GB memory. Cukup lumayan dari sisi kekuatan, apalagi dibanding dengan sebelumnya yang cuma 1 processor walaupun single server (bukan VPS).
  • OS dan webserver
    Centos 6.3 64bit yang terpasang diinstall dengan NGINX dan PHP-FPM. Centos ini sudah support ext4 file system, jadi gak ketakutan kebanyakan file dalam 1 directory, mengingat web sekarang menggunakan cache file yang banyak sekali. Untuk kemudahan control panel dipasang ISPConfig 3. Kalau pengen tau cara install system ini semua bisa langsung mengikuti Installing Nginx With PHP5 (And PHP-FPM) And MySQL Support On CentOS 6.3.
  • WordPress Plugin WP-Supercache
    Sebenarnya ada plugin cache lain yang cukup popular yaitu WP Total Cache dan Quick Cache. Namun karena mungkin lebih familiar dengan WP Super Cache, pilihan saya jatuh di plugin ini. Pertimbangannya, karena saya lebih mengenal bagaimana mengupdate cache yang saya inginkan, serta memilah bagian dari satu halaman yang tidak perlu di cache. Kerugiannya, waktu coding jadi molor sedikit.
  • Minify
    Ada plugin minify WP Supercache, namun masih limited untuk HTML saja. Tapi memiliki kelebihan dapat memilah bagian yang tidak mau di minify, misalnya untuk script google Adsense.
    Untuk menutupi kekurangan minify ini, dipasang lagi plugin WP-minify, yang tugasnya menghandle CSS dan JS. Di plugin ini juga ada minify untuk HTML, namun ternyata tidak bisa memilah bagian, seperti minify untuk WP Supercache di atas. 
    [edited] Minify CSS, JS dan HTML digantikan oleh plugin Autoptimize

Mudah-mudahan artikel ini berguna.

NB: Jika pengen tanya-tanya soal teknis server, coba mampir ke situs Iqbal Nurhadi dari Semanggi.Net. Bisa sekalian tanya-tanya tentang VPS dan Cloud, atau sesuatu yang berhubungan dengan linux.

2 thoughts on “Rahasia dibalik kecepatan webiklan.com saat ini

Leave a Reply