Hobbit

Di lobby Museum Geologi Bandung disajikan berupa patung manusia yang disebut “Hobbit” setinggi 1 meter. Fosil Hobbit ditemukan di Liang Bua, Nusa Tenggara Timur pada tahun 2003 kemudian diberi kode LB-1 (Liang Bua 1). Jangan membayangkan bahwa Hobbit yang satu ini seganteng atau secantik yang ada di Lord of The Ring. Patungnya berambut keriting bahkan hampir tak berdagu. Berdasarkan umur karbon, manusia yang satu ini hidup 16.000 tahun yang lalu.

Setelah search di internet, ternyata si manusia Hobbit ini masih menjadi bahan perdebatan seru. Menurut Prof. Teuku Jakob dari UGM, manusia hobbit ini bukan spesies baru, melainkan homo erectus yang menderita microcephalic (kepala kecil dan otak kecil). Sementara ada ahli lain yang keukeuh mengatakan bahwa ini adalah spesies baru, Homo Floriensis.

Salah satu keanehannya adalah hampir tak berdagu. Yang membedakan hominid dengan species lainnya yaitu berdagu. Hobbit ini nyaris tidak memiliki dagu. Tapi ini juga tidak bisa dikatakan bahwa spesies ini bukan tergolong hominid. Ini dikarenakan banyak temuan pendukung seperti peralatan sama dengan temuan di hominid lainnya. Itu artinya bahwa Hobbit ini memang cukup pintar. Otaknya yang seukuran otak chimpanse, setelah diteliti ternyata ada bagian yang berkembang, dan disimpulkan bahwa memang ini spesies baru dan tergolong hominid. Tapi sepertinya, untuk menuntaskan debat ini, mungkin hanya penemuan fosil lain yang bisa saling menguatkan.

Dari cerita lain, dalam legenda Nusa Tenggara, memang dikenal manusia kerdil yang disebut Ebu Gogo. Manusia in berbulu, bertinggi satu meter dan berbicara seperti dalam bahasa tertentu dengan sesamanya, dan lucunya dapat menirukan manusia seperti layaknya burung beo. Dengan cerita ini juga, mucul spekulasi bahwa jenis ini masih di hidup jauh dipedalaman

Btw, denger-denger Hobbit-nya Lord of The Ring mau dibikin filmnya. Cek perkembangannya di siniTheHobbit-Movie.com.

Jika anda main ke Bandung, bolehlah sekali-sekali menyempatkan diri ke Museum Geologi (tidak jauh dari Gedung Sate) untuk melihat patung dan replika fosil dari si Hobbit ini. Sebagai preview di bawah ini foto yang saya jepret.

shidqi

Leave a Reply