Google Manual Actions di webiklan.com

Di awal tahun 2014, webiklan.com dapat message di google webmaster bahwa terkena “Google Manual Actions” karena melanggar ketentuan. Mengingat situs ini sudah ‘tua’, akhirnya diputuskan untuk memperbaiki segera dan mencabut link-link penyebabnya.

Webiklan terkena Google Manual ActionsAlih alih perbaikan, diputuskan lagi untuk membuat baru situsnya. Sayang pembuatan ini agak memakan waktu, namun akhirnya bisa disebut ‘selesai’ juga. Dan pertengahan bulan kemarin akhirnya minta ‘request review’, dan dibalas google untuk menunggu beberapa minggu.

Sekitar 4 minggu setelahnya, akhirnya pagi ini dapat balasan lagi bahwa “google manual actions” sudah dicabut. Langsung periksa di google webmaster, bagian ‘manual actions’, … yup ternyata memang sudah menghilang. *happy*

Sekarang tinggal menunggu kembali sang ‘google’ mengembalikan semua ‘karma’ yang diterima si iklan baris gratis webiklan.com, yang saat ini hampir berusia 10 tahun.

Webiklan adalah situs iklan baris gratis yang awalnya dibuat berdua dengan adik saya untuk mencoba coba ‘keterampilan’, di luar proyek dan kerjaan rutin kantor. Jadi nyaris tanpa modal uang (hanya modal passion saja) dan cukup beruntung didukung sama perusahaan tempat kerja kita dulu Adelva.
Note: Btw, saya disini hanya sebagai co-founder aja kok 😉

Entah sampai kapan lagi situs iklan baris ini bisa bertahan, ditengah-tengah persaingan yang begitu ketat, bahkan bersaing dengan sang raksasa yang rajin beriklan di media non-internet dengan rajin yang tentunya dengan kapital yang cukup luar biasa. Belum lagi dengan masuknya beberapa iklan baris luar yang merambah negeri ini.

Ada yang punya pengalaman dengan “Google Manual Actions”? Please share ya …

5 thoughts on “Google Manual Actions di webiklan.com

  1. Salam Mas Sunaryo Hadi,
    Tahun ini salah satu blog saya kena “Manual Actions” dari si Mbah… Saya sudah 3 kali mengajukan peninjauan ulang, alhasil tetep gagal. Mas Sunaryo bisa kasih step-step dan tips biar bisa diterima kembali oleh Google….
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan sudi kiranya jika bersedia bisa Anda kirimkan ke email saya..

Leave a Reply