Sunaryo Hadi

Fast Controller untuk Aplikasi PHP sederhana

Framework dari aplikasi berbasis web biasanya bermula dari controller, kemudian dikembangkan menjadi MVC (Model-View-Controller). Bermula dari pencarian PHP framework yang simple, saya menemukan Lumen yang merupakan micro-framework dari Laravel dan belum lama di release.

Lumen framework boleh disetarakan dengan Silex dan Slim, karena mereka sama-sama micro framework.  So far, saya menemukan 3 pilihan framework yang simpel serta ‘serupa’. Lumen meng-klaim dirinya paling cepat di antara tiga pilihan ini (walaupun kemudian ada yang menyanggah, Slim 2 lebih cepat).

Masih dalam proses pencarian, tiba tiba saya menemukan artikel jadul ini
http://we-love-php.blogspot.com/2012/07/how-to-write-really-small-and-fast.html.
Artikel di atas ini agak pas dengan tujuan pencarian saya, yaitu mencari routing/controller saja untuk pembuatan aplikasi PHP simpel.

WordPress menggunakan Lumen

Ya, belok sedikit. Saya juga menemukan artickel ‘hackish’ WordPress, yang front-end-nya diakali jadi aplikasi berbasis Lumen. Dari ‘baca cepat’, disimpulkan developernya kira kira ingin bagian front-end benar benar merupakan aplikasi Lumen dengan tetap dapat mengakses library WP. Ini dia artikelnya: Using WordPress with Lumen.

Btw, menurut saya jadi bloating, menyatukan beberapa platform dalam satu aplikasi.  Gak cocok sama tujuan saya di atas.

Akhirnya gak pake framework?

Jawabannya Ya. Untuk keperluan pembuatan aplikasi kali ini, saya hanya membutuhkan:

Saya masih berharap dapat ide atau usulan lain dari komentar anda di bawah ini. 😉