coldfusion.web.id mati hari ini

Hari ini aku dapat email dari IDNIC, sang penguasa domain Indonesia, menyatakan bahwa domain coldfusion.web.id memasuki tahapan “Pre Recycle”. (bahasa indonesia pre-recycle apaan yah? “Pra Pendauran Ulang”… hehehe.) Karena tidak melakukan pembayaran.

Trus aku cek di http:www.idnic.net/Info/billing.php mengenai status coldfusion dan hasilnya ini :

Domain : coldfusion.web.id
Periode Aktifasi Status Pembayaran

  • 11 Agustus 2001 – 11 Agustus 2002 Sudah bayar
  • 11 Agustus 2003 – 11 Agustus 2004 Belum bayar
  • 11 Agustus 2004 – 11 Agustus 2005 Sudah bayar
  • 11 Agustus 2002 – 11 Agustus 2003 Sudah bayar

Bingung dan bengong juga nih. Ternyata perioda 2003 – 2004 Belum bayar. Perioda 2004-2005 sudah bayar. Agak lucu. Dimana mana kalau bayar FIFO dong (First In First Out). Mau dicariin lagi bukti pembayaran, ntah dimana. Tapi ini bukti pengelolaan domain idnic emang enggak (atau belum) profesional.

Ada beberapa point ‘susah’ nya IDNIC saat ini.

  • Susah kalau mau daftar. Kalau orang awam, pasti akan kebingungan dalam mendaftar.
  • Susah juga kalau mau merubah data.
  • Susah ngecek status pembayaran. Yang ada hanya ‘sudah bayar’, tanpa informasi tambahan lain. Apa karena ini menggunakan transfer Bank kali ya. Padahal kan bisa aja bikin membership.
  • Susah nyari bantuan kalau lagi punya masalah dengan domain.
  • Susah dapat approval dari TLD administrator. Kadang ada yang langsung, kadang ada yang ngaret berhari-hari. Contoh pendaftaran domain sch.id sudah register dari tanggal 25 oktober 2004, status tetep sama. Udah diemailin. Mungkin administratornya lagi ke luar negeri, atau pulang kampung buat lebaran, atau kemana sih administrator TLD sch.id?
  • Susah kalau mau protes. Karena di awal udah dikasih tahu, anda harus mengerti betul dengan peraturan yang berlaku. Di milis bisa ngotot-ngototan sama admin, karena aturan ketat. Contoh igos.go.id. Padahal registrasiin aja dulu. Entar juga bisa dicopot lagi. Kan ‘penguasa’ hehehe.
  • Susah senang … terpaksa dipake. Habis domain .com nya udah diambil orang atau client emang pengen ngambil kedua-duanya.

Pake manusia emang sangat bagus kontrolnya. Tapi kadang-kadang admin seperti mesin. Nah ini yang repot. Mungkin sebagai lembaga (atau badan atau apa nih masuknya), IDNIC tidak dapat diperintah oleh siapapun baik itu pemerintah atau APJII.

Ganjelan terakhir, hari ini email datang, hari ini juga coldfusion.web.id mati. Kok gak ada grace period ya. Suruh bayar dalam jangka waktu 1 minggu gitu. Apa gak dicomplain sama domain-domain co.id tuh. Mas Budi gimana nih?

Terakhir, ya udahlah. Protes juga kan tadi udah dibilang di point susah, … percuma. Kok jadi repot. Ntar kalau ada duit bayar. Kalau enggak ada ya udah, paling diomelin sama member. Habis gak ada yang sponsorin, kecuali di kasih hosting gratis sama www.semanggi.net.

Leave a Reply