Photography

Balsem Gosok

“Balsem Gosok Cap Lang – Balsem Hijau Harum untuk Gosok dan Kerik”. Eh bukan iklan ….

Iseng lagi nyobain kamera poket punya teman, Konica Minolta Dimage X50. Exposure time 1 s, F:1/3.1, ISO 100, tanpa flash. Cuma di cropping biar enggak ketinggian.

Balsem Gosok cap Lang

Lumayan kaget juga, tetapi enggak sebegitu kaget sebenarnya. Teknologi kamera pada kamera saku terbaru memang sudah dilengkapi dengan noise reduction untuk capture yang cukup lama. Hasilnya emang gak nyangka dari pocket yang begitu compact.

Photography

Tamron AF 18-200mm vs Sigma 18-200mm

Akhirnya JPC Kemang menjual kedua lensa untuk Canon ini. Ini lanjutan dari blog sebelumnya “Lenses for Canon DSLR – A Wish List“.

 Sigma 18-200mTamron AF 18-200m
 Sigma 18-200mmTamron AF 18-200mm
HargaRp. 3.207.100Rp. 4.300.000
Max Apperturef/3.5-6.3f/3.5-6.3
Min Apperturef/22f/22
Lens Contruction15 elemen/13 group15 elemen/13 group
Min Focus45 cm45 cm
Max Magnification1:4.41:3.7
(at f=200mm MFD 0.45m)
Dia. x Panjang70mm x 78.1mm73.8mm x 83.7mm
Berat405g398g
Diaphragm Blades7 blades7 blades
Lens HoodPetal HoodFlower-shaped

Masih ada informasi lain, cuma keduanya mirip aja dari spesifikasi.

Jadi milih yang mana? Sekarang ini baru satu clue, harga Sigma jauh lebih murah dibanding Tamron. Wah masih harus cari referensi lagi nih.

Akhirnya dapat perbandingan head-to-head dari kualitas hasil foto dari sisi sharpness dan chromatic abberation. Ini dia linknya DCResource.

Jadi kesimpulan ambil aja yang Sigma. Lebih murah dan lebih bagus.:)

Photography

EOS 350D layak untuk menggantikan 300D?

Setelah baca review majalah "Digital Camera World" edisi May 2005, saya jadi kurang bernafsu untuk menggantikan 300D ke 350D. Menurut si penulis ada beberapa hal mengapa upgrade ini kurang bernilai:

  • Ada perbaikan kecepatan dibanding EOS300D. Ini point bagusnya, ini karena menggunakan prosessor Digic II.
  • AF metering system yang ternyata masih belum sehebat EOS 20D, terutama dalam mode tertentu.
  • 8 MB ternyata bukan jaminan kualitas gambar menjadi lebih hebat dari pendahulunya EOS 300D. Walaupun tentu saja ada kelebihannya.
  • Terlalu mungil. Ini pasti tidak akan nyaman.
  • Selisih harga yang terlalu jauh dengan EOS 300D. Kalaupun begitu, mendingan sekalian aja langsung ke EOS 20D.
Photography

Lenses for Canon Digital – a Wish List

This lenses is my wish list. The option is choosing  Sigma or Tamron.

Not sure about the price in Indonesia. I must call first to check the availibilty and price. Anyway, Sigma lenses status is still ‘available soon’, and Tamron status ‘NEW’.

  • NISSIN PHOTO (u/ Tamron)
    Jl H. Agus Salim No. 40, Jakarta 10340.
    Ph: 021-3192 6644
  • JPC Kemang (u/ Sigma.)
    Jl. Kemang Raya 47C,Jakarta 12730,
    Ph: (021)718-0487, (021)718-2531

Gimana nih Om Taufik? Atau ada yang mau ngasih saran? Tamron atau Sigma?
Atau Mas Indroo kali yang ngasih comment.

Photography

Mainan baru EOS 300D

Hari ini dapat mainan baru Canon EOS 300D kit + 256MB. Si Om Taufik nih yang beli. Selama ini emang cuma mimpi aja megang beginian.

Yang jelas … dengan mainan ini jadi lebih bebas jeprat jepret, tanpa harus berkorban film dan biaya cetak untuk dinikmati. Selesai sessi, upload ke komputer, udah deh tinggal di review.

Ini test-drive pertama Mainan baru EOS 300D, main-main sama DOF. Fokus ada di huruf yang di topi, F/5.6, ASA100, Shutter-speed Auto (4s), white balance: auto.  Gak di apa apain lagi, kecuali dikecilin supaya fit sama halaman ini.

Kesan pertama, pengoperasian cukup mudah, enggak belajar lama-lama udah mahir make.

Sekarang tinggal belajar fotografi sama mas Indroo kali yeee. Biar cepet jadi expert. Kapan nih mas bisanya?