Adobe ColdFusion! Sebuah kekhawatiran.

Berkunjung terakhir ke www.macromedia.com, logo Adobe sudah resmi ada di atasnya beserta tulisan “formerly macromedia”. Ada beberapa yang khawatir bahwa akuisisi ini akan mempengaruhi kualitas produk eks macromedia di masa mendatang. Ini mengingat produk Adobe sebelumnya hanya terfokus pada media yang kurang melibatkan developer. Di sisi lain, macromedia sangat tergantung pada banyaknya developer yang menggunakan produk mereka, seperti Flash, ColdFusion dan banyak produk lainnya.

Sebagai pengguna ColdFusion, saya sendiri agak khawatir, dan sangat berbeda dengan waktu Allaire di akuisisi oleh Macromedia. Kekhawatiran ini sebenarnya agak tertutupi karena teknologi ColdFusion yang terakhir sudah sangat mature dan mungkin tidak terlalu membutuhkan banyak perubahan. Teknologi ColdFusion sekarang hanya diharapkan (my wish list) dapat diintegrasikan pada semua server J2EE, seperti pada progress terakhir. Dengan ini, ColdFusion yang notabene berharga mahal tentu akan menjadi worthed bagi developer seperti saya.

Masih ada hal yang menutupi kekhawatiran saya ini. Andaikata ‘Adobe ColdFusion’ tidak berkembang semestinya, toh masih ada alternatif lain yaitu BlueDragon, yang sama-sama menggunakan tag ColdFusion.

Leave a Reply