2016, ‘Mainan’ baru … lebih seru!

Tahun 2016 diawali dengan hal hal kurang enak sebenarnya. Server bermasalah di hardwarenya, Laptop andalan tewas, dan beberapa hal lain seperti tiba-tiba ada klien merubah spesifikasi secara total. Namun dibalik kesulitan-kesulitan ini, ada hal positif untuk menghadapi tahun 2016.

‘Mainan’ baru

Kalau baca catatan sebelum ini, bisa ditebak saya lagi nyari framework baru buat pengembangan aplikasi. Selain itu, sebenarnya nyari Framework CSS yang pas juga.

SASS dengan bourbon.io

SASS sudah kenal agak lama, Bourbon baru kenal tahun kemarin. Mainan baru ini cukup seru. Templating wordpress juga mulai berganti menggunakan bourbon.io yang di gabung dengan underscore.me sebagai starter.

Kenapa pilih bourbon disaat kebanyakan developer memilih Bootstrap? Don’t get me wrong. Saya juga masih pake bootstrap untuk project aplikasi berbasis web.  Kadang masih ngintip code bootstrap, untuk pekerjaan yang menggunakan bourbon.io.

Mengenal bourbon.io pertama kali karena ‘tersandung’ di ‘Web Design Standards‘. So basically, sekarang saya selalu refer ke acuan https://playbook.cio.gov/designstandards/getting-started/ .

Learning curve saya agak panjang, karena seperti biasa, disibukkan pekerjaan.

Slim 3 Framework

Ya … akhirnya saya kembali ‘terjun’ ke PHP, setelah sekian lama fokus di WordPress theme dan plugin.

Pencarian PHP Framework saya berujung di Slim 3 Framework. Saya mulai belajar saat Slim 3 masih beta (sekarang sudah release Slim 3.x). Slim 3 cukup pas buat saya, karena pada dasarnya dia adalah ‘C’ dalam MVC. Untuk Model dan View, saya bisa memilih sendiri sesuka hati.

Sebagai start untuk MVC, saya pake Slim 3 Skeleton yang dibuat Rob ‘Akrabat’ Allen, yang juga inisiator dari Slim 3 Framework.

Karena framework ini sangat minimum, saat kita membutuhkan library mailer, db, dll, semua itu tidak tersedia. Otomatis semua kebutuhan harus ditambahkan saat development. Misalnya untuk database, saya menggunakan library ezSQL bagian mysqli aja, supaya serupa dengan yang digunakan untuk WordPress (No new learning curve hehehe…).

Mungkin buat pengguna CI, YII , Laravel atau yang lain, dimana hampir semua library tersedia, framework ini cukup merepotkan, tapi buat saya ini bener bener mainan yang seru. bermain framework ini berasa seperti main lego, membangun blok demi blok (cuma kiasan lah ya …).

Resolusi

Mumpung awal tahun, ikut ikutan deh bikin resolusi. Mudah mudahan bisa di eksekusi dengan baik.

  • Membuat Situs Lelang Barang Bekas. Sebenarnya ini ‘pivoting’ bisnis dari yang sudah berjalan sekarang yaitu BreederKoi.com. Atas permintaan para anggota situs ini, mereka ingin juga sistem lelang yang serupa, tapi buat jualan batu akik atau barang koleksi misalnya. Sudah dimulai, semoga secepatnya bisa rilis.
  • Membuat situs yang sifatnya crowd sourcing dan lebih bersifat sosial. Masih konsep.
  • Lebih memperbanyak proyek aplikasi berbasis web, dibanding WP theme. Hihihi …
  • Bikin WP theme khusus (gak berani bilang premium ah).

Dengan berbekal ‘mainan’ baru di atas, semoga semuanya berjalan lancar. Amiin.

One thought on “2016, ‘Mainan’ baru … lebih seru!

Leave a Reply